Banner

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Rapat Evaluasi Kebijakan di Lingkungan FTIK IAIN Palangka Raya

 

Palangka Raya (24 Februari 2023). Prodi Manajemen Pendidikan Islam turut serta dalam kegiatan Rapat Evaluasi Kebijakan di Lingkungan FTIK IAIN Palangka Raya yang dihadiri oleh Dekan FTIK dan Wakil Dekan Bidang I FTIK dan seluruh Ketua/Sekprodi dilingkungan FTIK. Bertempat di ruang Rapat FTIK, rapat evaluasi kebijakan ini dimulai pukul 08.00 wib dan selesai pada pukul 12.00 wib. Berikut hasil rapat kebijakan dilingkungan FTIK:

No

Kriteria

Indikator

Evaluasi

Tindak Lanjut

1

Visi-Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS)

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) tentang VMT, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti

Sudah memiliki pedoman penyusunan VMTS, namun masih berada di tingkat Institut. Pedoman sudah disosialisasikan melalui website LPM. Program studi telah melaksanakannya sesuai dengan mekanisme penyusunan VMTS.

Membuat pedoman mekanisme penyusunan VMTS* di tingkat Fakultas.

 

Mengsosialisasikan pedoman penyusunan VMTS dengan mengundang dosen dan mahasiswa serta melalui website.

 

 

*salah satu mekanismenya adalah adanya pendampingan dari pakar terkait.

2

Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja Sama

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) tentang tata pamong, tata kelola, kepemimpinan, kerja sama, dan penjaminan mutu dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti

Revisi SOP

Perbaikan SOP ujian draft judul (Lampirkan SOP lama dan baru).

Sebagian kecil prodi belum memiliki ketua prodi karena keterbasan SDM

-          Mengangkat beberapa kaprodi yang SDM nya sudah memenuhi persyaratan di prodi MPI, PGMI, TFS,

dan PBA.

-          Membuat pembaharuan surat tugas untuk dosen yang diperbantukan untuk melengkapi personalia kaprodi dan sekprodi di tahun 2023.

-          Mengusulkan tendik pada masing-masing jurusan/prodi.

-     Evaluasi kebijakan jumlah minimal

Perbaikan pedoman Kerjasama FTIK


 

 

 

 

 

 

Kerjasama internasional

-     Belum ada format PKS

 

Belum ada sosialisasi pedoman kerjasama

Mengsosialisasikan pedoman Kerjasama kepada jurusan dan prodi.

3

Mahasiswa

Perguruan tinggi/ UPPS:

a.  memiliki dokumen kebijakan tentang rekrutmen dan tes seleksi calon mahasiswa baru,

b.  dilaksanakan secara konsisten

c. didokumentasikan

secara cetak dan digital.

-          Belum ada pedoman di tingkat Fakultas khususnya pada mekanisme tes psikologi dan panggilan jiwa.

-          Belum melibatkan prodi dalam menentukan daya tampung

-     Membuat pedoman perekrutan di tingkat fakultas yang di dalamnya juga memuat kebijakan daya tampung

4

Sumber Daya Manusia

Perguruan tinggi/ UPPS:

a.  memiliki dokumen kebijakan

b.  tentang rekrutmen dan tes seleksi calon

dosen, dilaksanakan secara

konsisten,

c.  didokumentasika n secara cetak

dan digital.

Belum ada SOP pengusulan tenaga dosen

Dibuatkan SOP pengusulan tenaga dosen

Belum ada SOP pengusulan anjab

Dibuatkan SOP anjab

Belum ada SOP pengusulan SKP

Dibuatkan SOP pengusulan SKP

Belum ada contoh analisis SKP yang baku

-          Dibuat contoh analisis SKP yang baku

-          Mengusulkan ke tingkat Institut untuk membuat panduan SKP

5

Keuangan, Sarana dan Prasarana

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor,

Dekan, atau Ketua)

-     Mekanisme pencairan keuangan belum efektif

-          Perbaikan mekanisme pencairan keuangan

-          Membuat SOP perencanaan


 

 

 

 

 

untuk keuangan, sarana, dan prasarana, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti

 

-     Perlu pamantauan dari WR 2 dan WD 2.

Belum ada format laporan kegiatan

Perbaikan kebijakan format laporan kegiatan

Sarpras lab semua prodi belum lengkap

Membuat kebijakan standar tentang lab prodi (kepengelolaan, pembiayaan dan SOP).

6

Pendidikan

PT/UPPS:

a. memiliki kebijakan tentang penyusunan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan kurikulum PS b.

menyosialisasikan kepada sivitas akademika dengan sangat

baik

c.  melaksanakan secara sangat konsisten

d.  Mengevaluasi secara berkala

e.  menindaklanjuti hasil evaluasi

-     belum semua civitas akademika memanfaatkan website terkait informasi kebijakan, pedoman, dll.

-     Membuat kebijakan berupa edaran untuk semua civitas akademika untuk memaksimalkan penggunaan web terkait informasi pedoman, kebijakan,

sop, dan sebagainya.

Di SIMAK, belum ada form izin tidak mengikuti

perkuliahan untuk mahasiswa

Merekemondasikan penambahan fitur tersebut di SIMAK.

Belum semua dosen membuat RPS sesuai dengan format yang ditentukan

Mengadakan kegiatan pelatihan penyusunan RPS sesuai dengan format yang baku (sesuai rubrik)

Belum ada SOP validasi semua yang terkait dengan perangkat

pembelajaran.

Perlu ada SOP untuk validasi semua yang terkait dengan perangkat pembelajaran.

Fungsi konsorsium belum maksimal

Memaksimalkan fungsi konsorsium

Belum ada SK kordinator mata kuliah

Dibuat SK kordinator mata kuliah

Belum ada sampel dokumen video pembelajaran di kelas

Dibuat edaran agar dosen mendokumentasikan perkuliahannya minimal


 

 

 

 

 

 

 

1 kali dalam satu semester.

7

Penelitian

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor,

Dekan, atau Ketua) tentang penelitian, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti

Belum ada sosialisasi pedoman penelitian

diselenggarakan sosialisasi pedoman penelitian

Belum ada sosialisasi pedoman penelitian integrasi

diselenggarakan sosialisasi pedoman penelitian integrasi

Belum ada SK

research group

dibuat SK research group

Belum ada evaluasi kesesuai penelitian dengan roadmap

diselenggarakan evaluasi kesesuai penelitian dengan roadmap dan ditindaklanjuti

Belum ada panduan penelitian internasional

Perlu dibuat panduan penelitian internasional

8

Pengabdian Kepada Masyarakat

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor,

Dekan, atau Ketua) tentang pengabdian kepada masyarakat, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti

-     Belum ada sosialisasi pedoman penelitian

-     diselenggarakan sosialisasi pedoman penelitian

Belum ada sosialisasi pedoman pengabdian integrasi

diselenggarakan sosialisasi pedoman pengabdian integrasi

Belum ada SK grup pengabdian

dibuat SK grup pengabdian

Belum ada evaluasi kesesuai

pengabdian dengan roadmap

diselenggarakan evaluasi kesesuai pengabdian

dengan roadmap dan ditindaklanjuti

Belum ada panduan pengabdian internasional

Perlu dibuat panduan pengabdian internasional

9

Keluaran dan Capaian Tridharma

Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor,

Dekan, atau Ketua)

Belum ada kebijakan terkait luaran

-          Dibuatkan kebijakan terkait luaran

-          Kebijakan tersebut disosialisasikan


 

 

 

 

 

tentang keluaran dan

capaian tridharma PT, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti

 

-          Mengusulkan untuk dibuat SK kordinator alumni per angkatan

-          Memberikan reward kepada kaprodi yang sukses memberikan motivasi pengisian tracer study oleh alumni.

-          Memberikan penghargaan kepada stakeholder yang aktif memberikan motivasi pengisian tracer study oleh alumni.

 


Rapat evaluasi kebijakan di lingkungan FTIK dilakukan dalam rangka mengidentifikasi kebijakan yang telah ditetapkan berhasil diimplementasikan dengan efektif. Para peserta rapat dapat membahas hasil implementasi kebijakan, mengevaluasi efektivitas kebijakan, dan mengidentifikasi kendala atau masalah yang muncul selama implementasi. Meningkatkan kinerja dan efisiensi: Rapat evaluasi kebijakan dapat membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi di FTIK. Para peserta rapat dapat mengevaluasi kebijakan dan prosedur yang ada, dan membuat rekomendasi untuk perubahan yang diperlukan agar dapat meningkatkan efisiensi, kinerja, dan hasil yang diinginkan


Posting Komentar

0 Komentar