Banner

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

DOSEN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM MELAKUKAN PENGADIAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MIS AL-JIHAD PALANGKA RAYA

 



Palangka Raya, 17 Juni 2023 – Dosen Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya (IAIN Palangka Raya) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Jihad Palangka Raya. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk membantu sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum terbaru yang diterapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada sekolah dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks sekolah masing-masing.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 27 Juni 2023. Dengan narasumber Nurul Hikmah M.Pd bersama tim dosen IAIN Palangka Raya, memberikan pelatihan kepada guru-guru MIS Al-Jihad tentang konsep Kurikulum Merdeka, cara menyusun kurikulum operasional sekolah (KOPS), dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Selain itu, tim dosen IAIN Palangka Raya juga membantu guru-guru MIS Al-Jihad dalam mengembangkan modul ajar dan perangkat pembelajaran lainnya.

Kepala MIS Al-Jihad, menyambut baik kegiatan PKM ini. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi sekolahnya dalam memahami dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.






Posting Komentar

0 Komentar