Dizaman sekarang, ketersediaan lapangan pekerjaan semakin menurun. Semakin menurunnya ketersediaan lapangan pekerjaan menjadikan para sarjana yang setiap tahunnya terus meningkat harus berputar otak dan mencari cara untuk mendapatkan pekerjaan. Seperti para remaja yang mendapatkan gelar sebagai Sarjana Pendidikan atau S.Pd. Mereka dituntut untuk tidak berpatokan menjadi seorang tenaga pendidik atau tenaga kependidikan ketika lulus nanti. Mereka harus lebih kreatif dan inovatif agar tidak menambah nilai pengangguran di Indonesia.

Salah satu cara untuk mengatasi pengangguran adalah dengan melakukan wirausaha atau memulai bisnis. Mahasiswa MPI IAIN Palangka Raya selain dibekali untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional dan berkarakter Islami juga dibelaki dengan ilmu kewirausahaan. Hal ini bertujuan agar ketika lulus nanti dapat memulai usaha atau bisnis dengan menerapkan 4 fungsi umum manajemen. Mahasiswa MPI IAIN Palangka Raya diajarkan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pada bisnis.


Selain dalam bentuk teori, Mahasiswa MPI juga diminta melakukan praktik kewirausahaan sebagai implementasi dari teori yang telah diajarkan. Praktik tersebut dilakukan dengan berjualan berbagai makanan dan minuman yang dilaksanakan di CFD Kota Palangka Raya. Mahasiswa diajarkan untuk memulai bisnis dari yang paling kecil seperti berjualan makanan ringan dan minuman yang dijual di CFD Kota Palangka Raya. 

Dr. H. Sardimi, M.Ag, dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan, menyatakan bahwa praktik ini tidak hanya mengasah keterampilan bisnis para mahasiswa tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menghadapi tantangan dunia nyata. "Kami sangat bangga melihat bagaimana mahasiswa kami mampu mengintegrasikan teori manajemen dengan kreativitas untuk menciptakan nilai tambah yang signifikan dalam berbagai industri," ungkapnya.

Dengan adanya praktik ini, diharapkan mahasiswa MPI IAIN Palangka Raya tidak hanya memiliki kemampuan sebagai tenaga kependidikan, namun juga sebagai wirausahawan dan wirausahawati yang tidak hanya sukses dalam bidang pendidikan, tetapi juga sukses dalam bisnis. Selain itu, dengan semangat kewirausahaan yang berkobar, mahasiswa MPI siap melangkah ke dunia profesional dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang kuat dalam menerapkan ilmu manajemen untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

Posting Komentar

0 Komentar