Banner

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Kaprodi MPI Monitoring Dosen

 


Proses pembelajaran oleh dosen merupakan salah satu hal penting dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Dosen berperan penting dalam proses pembelajaran agat seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik. Untuk hal itu maka perlu dipastikan proses pembelajaran berjalan dengan baik dan terarah, oleh karna itu penjaminan gugus mutu Program studi yang bertujuan untuk melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran yang diselenggarakan oleh dosen pada Prodi MPI IAIN Palangka Raya dalam rangka mewujudkan visi serta memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan internal dan eksternal Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).



Monitoring pembelajaran menyertakan proses pengumpulan, penganalisisan, pencatatan, pelaporan, dan penggunaann informasi manajemen tentang pelaksanaan dan mutu proses pembelajaran yang dilakukan oleh para dosen. Oleh karena itu pelaksanaan monitoring harus dilakukan secara terintegratif dan koordinatif melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan penganalisaan dengan menyusun rencana sasaran, mendesain instrumen, melakukan observasi di lapangan, kemudian menganalisis atau mengevaluasi hasilnya, sehingga hasil yang didapatkan diharapkan dapat memberi cerminan kinerja unit kerja terhadap output kualitas operasional. Sedangkan evaluasi merupakan hasil akhir dari kegiatan monitoring yang dilakukan selama proses belajar mengajar satu semester.

Pada monitoring tersebut dilakukan monitoring yang menyangkut aspek seperti Pendahuluan yang berupaya memantau apakah dosen sudah mencoba mengemukakan tujuan serta manfaatnya. Kemudian aspek selanjutnya memantau apakah pada kegiatan inti pembelajaran dilakukan perkuliahan yang sistematis, pendekatan yang berpusat pada mahasiswa. Kemudian pada bagian penutup.

Posting Komentar

0 Komentar