Banner

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Kuliah Tamu Komunikasi Organisasi Perkaya Wawasan Mahasiswa MPI IAIN Palangka Raya




Palangka Raya, 19 Mei 2024 - Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Palangka Raya menggelar kuliah tamu praktisi mengajar mata kuliah Komunikasi Organisasi pada hari Minggu, 19 Mei 2024. Acara yang diselenggarakan di ruang aula FTIK ini bertujuan untuk memperkaya wawasan mahasiswa terkait isu-isu aktual di dunia kerja, khususnya dalam bidang komunikasi organisasi.

Narasumber dalam kuliah tamu ini adalah Hamdi, S.Pd., seorang praktisi di bidang komunikasi organisasi. Hamdi berbagi pengalaman dan pengetahuannya terkait pentingnya komunikasi efektif dalam sebuah organisasi, baik organisasi bisnis maupun organisasi nirlaba seperti lembaga pendidikan.

Dalam paparannya, Hamdi menekankan pentingnya komunikasi yang efektif bagi keberlangsungan dan keberhasilan suatu organisasi. "Komunikasi yang baik di antara anggota organisasi dapat menciptakan koordinasi, kolaborasi, dan sinergi yang kuat dalam mencapai tujuan bersama," ujar Hamdi.

Lebih lanjut, Hamdi menjelaskan beberapa strategi komunikasi internal yang dapat diterapkan, seperti membangun saluran komunikasi dua arah, mengelola arus informasi, dan mengembangkan budaya keterbukaan. Ia juga berbagi pengalamannya dalam menangani konflik di dalam organisasi serta membangun budaya organisasi yang kondusif bagi produktivitas dan inovasi.

Mahasiswa MPI tampak antusias mengikuti jalannya kuliah tamu. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi, mengeksplorasi berbagai isu terkait komunikasi organisasi yang relevan dengan konteks lembaga pendidikan. Beberapa mahasiswa bahkan mengaitkan materi yang disampaikan dengan pengalaman magang atau kegiatan organisasi kemahasiswaan yang telah mereka lakukan.

"Kuliah tamu ini sangat bermanfaat bagi kami, khususnya dalam mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja nanti. Kami mendapat wawasan praktis langsung dari seorang praktisi komunikasi organisasi yang berpengalaman," ungkap Malik, salah seorang mahasiswa MPI.

Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara Program Studi MPI dan praktisi profesional untuk memperkaya pembelajaran mahasiswa. Diharapkan, pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dalam kuliah tamu ini dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi manajerial dan kepemimpinan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Posting Komentar

0 Komentar