Banner

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

FTIK Adakan Pelatihan Jurnalistik Dan Pengelolaan Website Prodi dan Fakultas


Palangka Raya, Selasa (6/4). Dekan FTIK IAIN Palangka Raya, Dr. Hj Rodhatul Janah, M.Pd membuka kegiatan Pelatihan Jurnalistik. Kegiatan berlangsung di kantor UPT TIPD. Dekan menyampaikan pelatihan seperti ini seharusnya diadakan setiap semester agar meningkatkan kemampuan para pengelola website prodi dan fakultas. Tidak hanya tendik, para dosen dan mahasiswa pun dilibatkan sebagai pengelola. “Dosen juga dituntut untuk mengembangkan diri, salah satunya sebagai penulis web. FTIK maupun prodi,” ujarnya.

Pelatihan ini diketuai oleh Wakil dekan II Bidang keuangan dan perencanaan, Dr. Hj. Hamidah, M.A. sedangkan moderator oleh Yulia Rahma BA, M.Pd. Peserta berjumlah 12 orang, dari dosen, mahasiswa dan tendik. Mereka nampak antusias menyimak paparan pemateri, Cecep Zakarias Elbilad, M.Ud. Ia menekankan pentingnya menguasai kaidah-kaidah jurnalistik bagi para pengelola website. “Penulisan jurnalistik berbeda dengan penulisan ilmiah,” ujarnya. “Tulisan jurnalistik harus aktual dan informatif,” tambahnya.Di sela-selai penyampaiannya, pemateri memberikan kesempatan tanya-jawab. Nadia Ajizah, M.Fis, perwakilan dari Prodi Tadris Fisika, bertanya bisa kah jika faslitas Lab. yang ada di IAIN Palangka Raya diberitakan. “Bukan bisa atau tidak. Malah harus diberitakan,” jawab pemateri. “Agar orang-orang tahu dan tertarik untuk datang atau menjalin kerjasama,” tambahnya memberi motivasi.Di bagian akhir, para peserta diajak praktek membuat berita tentang kegaitan pelatihan itu. Pemateri lalu menilainya untuk dipilih karya yang terbaik.

Posting Komentar

0 Komentar