Banner

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

PRODI MPI MENGIKUTI SOSIALISASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR DAN KAMPUS MERDEKA

 

Palangka Raya (9/7/2021) IAIN Palangka Raya mengadakan sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara Virtual menggunakan Zoom Cloude Meeting. Perserta yang hadir berasal dari struktur pimpinan di IAIN Palangka Raya. Kegiatan sosialisasi langsung dipimpin oleh Wakil Rektor 1 Prof. Hj. Hamdanah, M.Ag, dalam penyampaiannya “program MBKM ini sangat menguntungkan bagi mahasiswa, karena justru akan mempercepat kelulusan mahasiswa, dan belajar tidak hanya dikelas tetapi bisa melakukan magang ke beberapa kantor untuk memperdalam Skill mahasiswa, misalnya Fakultas Syariah nanti bisa magang di Pengadilan, Fakultas Ekonomi dan  Bisnis Islam dapat magang di Bank dan FUAD dapat magang di TVRI juga ditekankan agar KKN tematik sudah mulai dijalankan terutama di FTIK.


Selanjutnya pemaparan disampaikan Wadek 1 FTIK IAIN Palangka Raya Dr. Nurul Wahdah, M.Pd dalam penyampaiannya, sebenarnya merdeka belajar ini beberapa program sudah dilakukan oleh IAIN Palangka Raya tetapi tidak spesifik disebut sebagai program MBKM. Pada program Merdeka belajar dalam satu semester mahasiswa dapat mengambil mata kuliah diprogram studi di Institusi yang sama maupun dapat mengambil mata kuliah di perguruan tinggi lain. Sebagai gambaran misalnya mahasiswa program studi Tadris Biologi mengambil mata kuliah di FUAD untuk memperdalam ayat Al Quran yang berkaitan dengan materi Biologi bahkan juga bisa mengambil dikampus lain misalnya di UIN Malang. Untuk memperdalam pembahasan didakan Tanya jawab maupun tanggapan. Dr.Sabian Dekan FEBI menyampaikan bahwa beberapa program sudah dirancang salah satunya program melakukan kerjasama dan MOU dengan kampus diluar negeri di Malaysia dan Thailan. Dr. Hj. Rodhatul Jannah, M.Pd juga menyampaikan agar program ini lebih dimatangkan kembali berkaitan dengan SIMAK nya maupun dana yang disediakan, mahasiswa yang mengambil program MBKM juga tidak boleh mengambil mata kuliah di prodi yang akreditasinya dibawah program studi asal mahasiswa.


Posting Komentar

0 Komentar