Banner

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 1 Kota Palangka Raya



Palangka Raya, 19 Juli 2022 – Semangat masih terasa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Palangka Raya. Karena MIN 1 kembali kedatangan tamu istimewa, yaitu Tim dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya.

Kunjungan tim IAIN Palangka Raya ini Mengadakan Sosialisai di MIN 1 dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, kebijakan baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberikan keleluasaan bagi sekolah dalam merancang pembelajaran sesuai kebutuhan dan konteks belajar murid.

Selama dua hari, 18-19 Juli 2022, MIN 1 bertransformasi menjadi lautan ilmu dan semangat. Para guru MIN 1 dengan antusias mengikuti sosialisasi dan workshop tentang Kurikulum Merdeka.

Bersama Nurul Hikmah M.Pd dan Tim MPI IAIN Palangka Raya, para guru MIN 1 menyelami konsep dan prinsip Kurikulum Merdeka. Mereka didorong untuk berkreasi dan berinovasi dalam merancang pembelajaran yang berpusat pada murid, relevan dengan kehidupan sehari-hari, dan mampu menumbuhkan karakter mulia.

Kegiatan ini tak hanya menghadirkan teori, tetapi juga praktik langsung. Para guru MIN 1 dibimbing dalam mengembangkan modul ajar dan perangkat pembelajaran yang selaras dengan Kurikulum Merdeka.

Tak lupa, tim IAIN Palangka Raya juga membuka ruang diskusi dan konsultasi bagi para guru untuk menjawab berbagai pertanyaan dan keraguan terkait implementasi Kurikulum Merdeka.

Kepala MIN 1 Palangka Raya, menyambut baik kegiatan ini. Beliau mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada IAIN Palangka Raya atas kepedulian dan dukungannya dalam memajukan pendidikan di MIN 1.

Lebih dari sekadar sosialisasi, kegiatan ini menjadi simbol semangat kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah dalam membangun generasi muda yang berkarakter dan cakap dalam menghadapi tantangan abad ke-21.

Semangat yang dikobarkan IAIN Palangka Raya di MIN 1 ini diharapkan dapat terus membara, mengantarkan pendidikan Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah dan bermartabat.



Posting Komentar

0 Komentar