Banner

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Talk Show Dalam Memperingati Hari Santri Nasional ‘KEMANDIRIAN EKONOMI PESANTREN’

 


Sebuah Talk Show yang mengangkat tema ‘Kemandirian Ekonomi Pesantren’ di gelar di gedung bundar IAIN Palangka Raya pada tanggal 23-24 oktober 2023. Yang di hadiri oleh Mahasiswa IAIN Palangka Raya, perwakilan pesantren di Kalimantan Tengah dan narasumber lainnya. 



          Selasa (24/10/2023), Ada sederet kegiatan dalam rangka peringatan hari santri nasional. Kegiatan tersebut adalah salah satunya sharing session dan pembagian hadiah dari perlombaan yang ada. Acara ini merupakan bentuk apresiasi IAIN Palangka Raya terhadap peran penting para santri dalam memajukan kemandirian ekonomi, dimana Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah ada di Indonesia  sebelum kemerdekaan. Secara kultural pesantren telah menyatu dan mendapat kepercayaan masyarakat sekitarnya dalam mengajarkan ilmu - ilmu Islam. Hal tersebut memastikan keberlanjutan lembaga pendidikan pesantren dari masa ke masa. Namun, cepatnya perubahan zaman yang terjadi dan semakin banyaknya lembaga pendidikan Islam modern hari ini, yang mengharuskan pesantren untuk lebih mandiri dan berdaya saing, tidak hanya dalam pengelolaan proses pendidikan tetapi juga dalam mengelola sumber daya ekonomi pesantren dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, banyak pesantren juga memiliki unit-unit usaha yang menjadi salah satu sumber kemandirian ekonomi dalam menjalankan pengelolaan pesantren. Lebih dari itu, unit-unit usaha tersebut juga memiliki dampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar pesantren.


Seluruh para peserta yang mengikuti perlombaan maupun sharing session mereka sangat antusias sekali mengikutinya. Panitia pelaksanaan mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan tamu undangan yang berhadir pada acara hari santri tersebut, semoga acara tersebut menjadi salah satu momen penting dalam kehidupan sehari-hari. Acara tersebut meninggalkan pesan/kesan positif yang mendalam pada semua peserta dan menjadi tonggak penting dalam upaya memperkuat kemandirian ekonomi pesantren di Palangka Raya. Semoga semangat hari Santri Nasional terus menginspirasi kita semua dalam membangun bangsa yang lebih baik lagi. 

Dengan demikian, kemandirian ekonomi pesantren sangatlah penting adanya karena kemandirian ini bermakna pesantren akan memiliki sumber daya ekonomi yang kuat dan berkelanjutan dalam menompang tiga fungsi yakni Pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat. 



Posting Komentar

0 Komentar