Palangka Raya (24 Februari 2023). Prodi Manajemen Pendidikan
Islam turut serta dalam kegiatan Rapat Evaluasi Kebijakan di Lingkungan FTIK
IAIN Palangka Raya yang dihadiri oleh Dekan FTIK dan Wakil Dekan Bidang I FTIK
dan seluruh Ketua/Sekprodi dilingkungan FTIK. Bertempat di ruang Rapat FTIK,
rapat evaluasi kebijakan ini dimulai pukul 08.00 wib dan selesai pada pukul
12.00 wib. Berikut hasil rapat kebijakan dilingkungan FTIK:
No |
Kriteria |
Indikator |
Evaluasi |
Tindak Lanjut |
1 |
Visi-Misi,
Tujuan, dan Strategi (VMTS) |
Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor,
Dekan, atau Ketua) tentang VMT, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti |
Sudah memiliki pedoman
penyusunan VMTS, namun masih berada di tingkat Institut. Pedoman
sudah disosialisasikan melalui website LPM. Program studi
telah melaksanakannya sesuai dengan mekanisme penyusunan VMTS. |
Membuat pedoman mekanisme penyusunan VMTS* di tingkat Fakultas.
Mengsosialisasikan pedoman penyusunan VMTS
dengan mengundang dosen dan mahasiswa serta melalui website.
*salah satu mekanismenya adalah adanya pendampingan dari pakar
terkait. |
2 |
Tata Pamong, Tata Kelola, dan
Kerja Sama |
Tersedia dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor,
Dekan, atau Ketua) tentang tata pamong, tata kelola,
kepemimpinan, kerja sama,
dan penjaminan mutu dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti |
Revisi SOP |
Perbaikan
SOP ujian draft judul (Lampirkan
SOP lama dan baru). |
Sebagian kecil prodi belum memiliki ketua prodi
karena keterbasan SDM |
-
Mengangkat beberapa
kaprodi yang SDM nya sudah
memenuhi persyaratan di
prodi MPI, PGMI, TFS, dan PBA. -
Membuat pembaharuan
surat tugas untuk dosen yang diperbantukan untuk melengkapi personalia kaprodi dan
sekprodi di tahun 2023. -
Mengusulkan tendik pada masing-masing jurusan/prodi. |
|||
- Evaluasi
kebijakan jumlah minimal |
Perbaikan
pedoman Kerjasama FTIK |
|
|
|
Kerjasama internasional - Belum
ada format PKS |
|
Belum ada sosialisasi pedoman
kerjasama |
Mengsosialisasikan pedoman Kerjasama kepada jurusan
dan prodi. |
|||
3 |
Mahasiswa |
Perguruan tinggi/ UPPS: a. memiliki dokumen
kebijakan tentang rekrutmen dan tes seleksi calon mahasiswa baru, b. dilaksanakan secara konsisten c. didokumentasikan secara cetak
dan digital. |
-
Belum ada pedoman
di tingkat Fakultas khususnya pada mekanisme tes psikologi dan panggilan jiwa. -
Belum melibatkan prodi dalam menentukan daya tampung |
- Membuat pedoman perekrutan di tingkat fakultas
yang di dalamnya juga memuat kebijakan daya tampung |
4 |
Sumber Daya Manusia |
Perguruan tinggi/ UPPS: a. memiliki dokumen kebijakan b. tentang rekrutmen dan tes seleksi calon dosen,
dilaksanakan secara konsisten, c. didokumentasika n secara cetak dan digital. |
Belum ada SOP pengusulan tenaga
dosen |
Dibuatkan SOP pengusulan tenaga dosen |
Belum ada SOP pengusulan anjab |
Dibuatkan
SOP anjab |
|||
Belum ada SOP pengusulan SKP |
Dibuatkan SOP pengusulan SKP |
|||
Belum ada contoh analisis SKP yang baku |
-
Dibuat contoh analisis
SKP yang baku -
Mengusulkan ke tingkat
Institut untuk membuat panduan SKP |
|||
5 |
Keuangan, Sarana
dan Prasarana |
Tersedia
dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) |
- Mekanisme pencairan keuangan belum efektif |
-
Perbaikan mekanisme pencairan keuangan -
Membuat SOP perencanaan |
|
|
untuk keuangan, sarana, dan prasarana, dan telah
disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti |
|
- Perlu pamantauan dari WR 2 dan WD 2. |
Belum ada format
laporan kegiatan |
Perbaikan kebijakan format laporan kegiatan |
|||
Sarpras lab semua prodi belum lengkap |
Membuat
kebijakan standar tentang
lab prodi (kepengelolaan, pembiayaan dan SOP). |
|||
6 |
Pendidikan |
PT/UPPS: a. memiliki kebijakan tentang penyusunan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan kurikulum PS b. menyosialisasikan kepada sivitas akademika dengan sangat baik c. melaksanakan secara sangat konsisten d. Mengevaluasi secara berkala e. menindaklanjuti hasil evaluasi |
- belum semua civitas
akademika memanfaatkan website terkait informasi kebijakan, pedoman, dll. |
- Membuat kebijakan berupa edaran untuk semua civitas akademika untuk memaksimalkan penggunaan web terkait informasi pedoman, kebijakan, sop, dan sebagainya. |
Di SIMAK, belum ada form izin tidak mengikuti perkuliahan untuk mahasiswa |
Merekemondasikan penambahan fitur tersebut di SIMAK. |
|||
Belum semua dosen membuat RPS sesuai dengan format
yang ditentukan |
Mengadakan
kegiatan pelatihan
penyusunan RPS sesuai dengan format
yang baku (sesuai rubrik) |
|||
Belum ada SOP validasi semua yang terkait dengan
perangkat pembelajaran. |
Perlu ada SOP untuk validasi semua yang terkait
dengan perangkat pembelajaran. |
|||
Fungsi konsorsium
belum maksimal |
Memaksimalkan fungsi konsorsium |
|||
Belum ada SK kordinator mata
kuliah |
Dibuat SK kordinator mata
kuliah |
|||
Belum ada sampel
dokumen video pembelajaran
di kelas |
Dibuat edaran agar
dosen mendokumentasikan perkuliahannya minimal |
|
|
|
|
1
kali dalam satu semester. |
7 |
Penelitian |
Tersedia
dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) tentang penelitian, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti |
Belum ada sosialisasi pedoman
penelitian |
diselenggarakan sosialisasi pedoman penelitian |
Belum ada sosialisasi pedoman penelitian integrasi |
diselenggarakan sosialisasi pedoman penelitian integrasi |
|||
Belum ada
SK research group |
dibuat SK research group |
|||
Belum ada evaluasi
kesesuai penelitian dengan
roadmap |
diselenggarakan
evaluasi kesesuai penelitian dengan
roadmap dan ditindaklanjuti |
|||
Belum ada panduan
penelitian internasional |
Perlu dibuat panduan penelitian internasional |
|||
8 |
Pengabdian
Kepada Masyarakat |
Tersedia
dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) tentang pengabdian kepada masyarakat, dan
telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti |
- Belum ada sosialisasi pedoman penelitian |
- diselenggarakan sosialisasi pedoman penelitian |
Belum ada sosialisasi pedoman
pengabdian integrasi |
diselenggarakan sosialisasi pedoman pengabdian integrasi |
|||
Belum ada SK grup pengabdian |
dibuat
SK grup pengabdian |
|||
Belum ada evaluasi kesesuai pengabdian dengan roadmap |
diselenggarakan evaluasi kesesuai pengabdian dengan roadmap dan ditindaklanjuti |
|||
Belum ada panduan pengabdian internasional |
Perlu dibuat panduan pengabdian internasional |
|||
9 |
Keluaran
dan Capaian Tridharma |
Tersedia
dokumen lengkap kebijakan pimpinan PT (Rektor, Dekan, atau Ketua) |
Belum ada kebijakan terkait luaran |
-
Dibuatkan kebijakan terkait luaran -
Kebijakan tersebut disosialisasikan |
|
|
tentang keluaran dan capaian tridharma PT, dan telah disosialisasikan, dilaksanakan, dievaluasi dan ditindaklanjuti |
|
-
Mengusulkan untuk
dibuat SK kordinator alumni per angkatan -
Memberikan reward
kepada kaprodi yang
sukses memberikan motivasi
pengisian tracer study oleh alumni. -
Memberikan penghargaan kepada
stakeholder yang aktif
memberikan motivasi pengisian tracer study oleh alumni. |
Rapat evaluasi kebijakan di lingkungan FTIK dilakukan dalam rangka mengidentifikasi kebijakan yang telah ditetapkan berhasil diimplementasikan dengan efektif. Para peserta rapat dapat membahas hasil implementasi kebijakan, mengevaluasi efektivitas kebijakan, dan mengidentifikasi kendala atau masalah yang muncul selama implementasi. Meningkatkan kinerja dan efisiensi: Rapat evaluasi kebijakan dapat membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi di FTIK. Para peserta rapat dapat mengevaluasi kebijakan dan prosedur yang ada, dan membuat rekomendasi untuk perubahan yang diperlukan agar dapat meningkatkan efisiensi, kinerja, dan hasil yang diinginkan
0 Komentar