Palangka Raya (20 Februari 2023) Dalam rangka kegiatan rutin monev pembelajaran TA Ajaran 2022/2023 semester Ganjil prodi Manajemen Pendidikan Islam, Gugus Penjamin Mutu (GPM) melakukan kegiatan Monev dalam rangka melihat dan meninjau berjalannya Standart Proses pembelajaran dengan hasil sebagai berikut.
No |
Standar Proses Pembelajaran |
Keterlaksanaan |
Tindak Lanjut |
1. |
a. Program studi sarjana memiliki bukti
dokumen formal kurikulum memberikan bobot mata kuliah berbentuk Pengabdian kepada Masyarakat (KKN) minimal 4 Sks. b. Mahasiswa sarjana
yang melaksanakan bentuk pembelajaran berupa PkM di bawah bimbingan seorang
dosen pembimbing. |
Belum Terlaksana |
Perlu ada penambahan mata kuliah/Integrasi mata
kuliah dengan kegiatan pengabdian |
2. |
Program studi sarjana dan magister memiliki bukti
sahih: Kegiatan peninjauan kesesuaian RPS dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara berkala setiap akhir
semester |
Belum Terlaksana |
Prodi sudah memiliki format RPS yang mengacu mata
Asosiasi Prodi MPI se Indonesia |
3. |
Interaksi
antara dosen dengan mahasiswa dan sumber belajar dan lingkungan belajar dalam
proses pembelajaran terdokumentasi secara Audio visual. |
Belum Terlaksana |
Dilakukan Perekaman Pada Saat dosen mengajar dikelas |
4. |
Prodi
memiliki bukti laporan yang sah dari dosen di akhir perkuliahan tentang
pelaksanaan mekanisme penilaian sebagai berikut: 1.
Menyusun tahap, teknik, instrumen, kriteria,
indikator dan bobot penilaian 2.
Menyampaikan tahap, teknik, instrumen, kriteria,
indikator dan bobot penilaian kepada mahasiswa, 3.
Menyepakati tahap, teknik, Instrumen, kriteria,
indikator, dan bobot penilaian dengan mahasiswa |
Belum Terlaksana |
Sebagian sudah membuat sebagiannya belum, perlu
adanya pelatihan untuk membuat RPS yang sesuai dengan tuntutan borang
akreditasi |
5. |
Program Studi memiliki dokumen formal soal ujian yang: a.
Telah diverifikasi dan divalidasi oleh
Tim verifikasi dan validasi soal b.
Memuat bobot penilaian dari setiap item
pada soal sesuai dengan capaian pembelajaran matakuliah dan capaian
Pembelajaran Prodi |
Belum Terlaksana |
Dapat memanfaatkan Tim Dosen Konsorsium dengan
keilmuan serumpun |
No |
Kriteria |
Keterlaksanaan |
Tindak Lanjut |
6. |
Kriteria Pendidikan Pembelajaran di Program Studi (PS) Mengintegrasikan
Hasil Penelitian dan/atau PkM dalam pembelajaran |
Belum Terlaksana |
ü
Mengembangkan RPS sesuai dengan format RPS
yang mengacu mata Asosiasi Prodi MPI se Indonesia |
7. |
Dosen
pembimbing memberikan bimbingan magang kependidikan |
Belum Terlaksana |
ü Pada
mata kuliah PLP Akan dibuat format bimbingan magang minimal tiga kali
pertemuan kepada dosen |
8. |
Kriteria Penelitian Dalam melaksanakan penelitiannya DTPS melibatkan
mahasiswa |
Terlaksana namun belum optimal |
ü Menghimbau
dan meminta dosen DTPS ketika peneltian dan menulis artikel untuk melibatkan
mahasiswa ü Dalam
mata kuliah outputnya dapat berupa jurnal dengan reword nilai tinggi apabila
dapat pubhlis |
9. |
Keluaran dan Capaian Tri Dharma ü Prestasi
mahasiswa Akademik dan Non Akademik |
Terlaksana namun belum optimal |
ü Ketua
Program Studi dan Dosen mendorong mahasiswa untuk mengikuti perlombaan
terutama akademik yang masih sangat minim |
ü Lulusan
Program Studi (PS) Memiliki Masa studi yang pendek
|
Terlaksana namun belum optimal |
ü
Meminta data mahasiswa terutama Angkatan (2016-2018
yang belum lulus lalu akan dihubungi satu persatu untuk mengkonfirmasi dan
mengkomunikasikannya dengan orang tua/wali mahasiswa ü
Dosen PA membantu mencarikan judul skripsi pada
mahasiswa yang belum memiliki judul ü Eksplorasi
judul pada saat kegiatan PLP ü Membuat
Cam mahasiswa tingkat akhir (Angkatan 2016-2018) datang ke kampus (Terjawal,
Berprogres) didampingi dosen (PJ Slamet Riyadi, M.Kom dan Syahmidi, M.Pd.I ü Pada
mata kuliah Seminar Proposal mahasiswa wajib sampai dengan seminar proposal ü Pada
mata kuliah seminar proposal akan diampu oleh TIM secara bergantian |
0 Komentar