Banner

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

DOSEN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM MELAKUKAN PENGAPDIAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MTs HIDAYATUL MUHAJIRIN PALANGKA RAYA



Palangka Raya, 11 MEI 2023 –  Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Palangka Raya Nurul Hikmah M.Pd beserta tim melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. Kegiatan PKM ini berfokus pada pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka bagi para guru di madrasah tersebut.

Kurikulum Merdeka, yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), memberikan otonomi yang lebih luas kepada sekolah dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks belajar murid. Dalam rangka mendukung implementasi kebijakan tersebut, tim dosen MPI UIN Palangka Raya hadir untuk membekali para guru MTs Hidayatul Muhajirin dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.

Kegiatan PKM yang berlangsung selama dua hari, 10-11 Miei 2023 ini, diisi dengan berbagai materi pelatihan, seperti:

  • Konsep dan prinsip Kurikulum Merdeka
  • Penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah (KOPS)
  • Pengembangan modul ajar dan perangkat pembelajaran
  • Strategi pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka
  • Penilaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Para guru MTs Hidayatul Muhajirin antusias mengikuti pelatihan ini. Mereka mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan baru tentang Kurikulum Merdeka, yang diharapkan dapat membantu mereka dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna bagi murid.

Kepala MTs Hidayatul Muhajirin, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim dosen MPI IAIN Palangka Raya atas kesediaannya untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Beliau berharap kegiatan PKM ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kemajuan madrasah, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kegiatan PKM ini merupakan wujud komitmen IAIN Palangka Raya dalam mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam rangka menyukseskan implementasi Kurikulum Merdeka. Diharapkan melalui kegiatan ini, para guru di MTs Hidayatul Muhajirin dan madrasah-madrasah lain di Palangka Raya dapat lebih siap dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dan menghasilkan generasi muda yang berkarakter dan cakap dalam menghadapi tantangan abad ke-21.




Posting Komentar

0 Komentar